Manfaat Susu Domba bagi Kesehatan

shares


Manfaat Susu Domba bagi Kesehatan

Ada banyak jenis susu yang bisa kita konsumsi selain ASI. Misalnya saja ada susu kerbau, sapi, kambing, dan lainnya. Salah satu jenis susu yang diteliti dan dipercaya merupakan kategori susu yang unggul dibandingkan dengan jenis lainnya adalah susu domba. Dengan rasa yang lezat dan juga memiliki banyak kandungan nutrisi membuat susu ini cocok untuk konsumsi kesehatan. Agar lebih jelasnya, Anda bisa membaca daftar manfaat susu domba bagi kesehatan berikut.

  1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Susu domba kaya akan mineral serta nutrisi penting lainnya, seperti vitamin A dan E. Semua nutrisi tersebut berperan dalam meningkakan fungsi sistem kekebalan tubuh. Vitamin A dan E diteliti memiliki kemampuan sebagai antioksidan bagi tubuh. Antioksidan sendiri merupakan salah satu senjata melawan radikal bebas, sehingga sedikit banyak berpengaruh pada timbulnya penyakit kronis.

  1. Melawan kanker
Manfaat susu domba yang kedua bagi kesehatan adalah sebagai bahan alami untuk mengurangi risiko kanker. Susu domba diteliti mengandung nukleosida dan nukleotida yang tinggi. Keduanya dikaitkan dengan penurunan risiko kanker, bahkan juga meningkatkan pertumbuhan sel yang lebih baik dan mencegah stres oksidatif di seluruh tubuh. Stres oksidatif sendiri memiliki peran dalam memutasi sel-sel yang sehat. Dengan menahannya, maka penyebaran sel kanker dapat dikurangi.

  1. Mengatasi tekanan darah tinggi
Susu domba juga dipercaya berperan baik bagi para penderita tekanan darah tinggi. Konsentrasi asam amino pada susu domba dipercaya lebih tinggi daripada susu kerbau, kambing, dan sapi. Sedangkan asam amino sendiri diteliti bekerja mirip dengan obat tekanan darah tinggi tertentu. Oleh sebab itu, bila Anda ingin menjaga jantung tetap sehat, tidak ada salahnya untuk mengonsumsi susu domba secara rutin.

  1. Meningkatkan kepadatan tulang
Manfaat susu domba bagi kesehatan selanjutnya berhubungan dengan tulang. Susu domba memiliki banyak jenis mineral yang dibutuhkan tulang, seperti kalsium, seng, dan magnesium. Senyawa-senyawa tersebut dipercaya bisa meningkatkan kepadatan mineral pada tulang. Hal ini mengartikan bahwa susu domba dapat membantu mengurangi risiko terkena penyakit osteoporosis terkait dengan usia.

  1. Membantu proses pertumbuhan dan perkembangan tubuh
Susu domba kaya akan protein. Dalam 100 gram susu ini setidaknya terdapat 5,4 gram protein. Hal ini menggambarkan bahwa susu domba memiliki kandungan protein yang lebih tinggi dari susu sapi, kambing, dan kerbau. Dengan mengonsumsi susu domba, maka proses pertumbuhan dan perkembangan, produksi jaringan, sel-sel, serta tulang dalam tubuh akan lebih baik. Dengan protein pada susu ini juga energi tubuh dapat tetap terjaga.

  1. Menurunkan kolesterol
Manfaat susu domba bagi kesehatan yang terakhir berkenaan dengan kolesterol. Meskipun jumlah lemak pada susu domba dua kali lebih banyak dari susu sapi, namun jenisnya adalah lemak tak jenuh tunggal. Itu berarti susu domba dapat membantu menstabilkan kolesterol, mengurangi risiko penyakit kardiovaskular, serta penyakit lainnya yang berhubungan dengan jantung, termasuk serangan jantung, jantung koroner, dan stroke.

Related Posts

0 comments:

Post a Comment