Manfaat Lobster bagi Kesehatan

shares


Manfaat Lobster bagi Kesehatan



Dikenal sebagai salah satu seafood dengan harga yang cukup mahal, lobster adalah makanan sehat dan juga lezat. Hewan bernama latin Homarus nephrops ini merupakan jenis hewan bawah laut yang bisa kita makan bagian dagingnya, sedangkan kulitnya merupakan cangkang yang keras. Selain dinikmati karena rasa, ada banyak manfaat lobster bagi kesehatan yang bisa kita dapatkan. Beberapa di antaranya bisa Anda pelajari di daftar berikut ini.

  1. Meningkatkan proses pertumbuhan dan perbaikan
Lobster kaya akan protein, yang berarti dapat berperan baik pada tubuh manusia. Protein merupakan blok dasar atau fundamental dari tubuh kita. Dengan meningkatkan asupan protein, tubuh dapat memproduksi sel-sel baru, memperbaiki jariangan yang rusak, serta memastikan organ-organ tubuh kita bekerja dengan efektif.

  1. Memperkuat tulang
Untuk menjaga kesehatan serta performa tulang bersamaan dengan bertambahnya usia, penting bagi Anda untuk mendapatkan asupan mineral yang cukup setiap harinya. Di sini, lobster merupakan hewan yang ternyata kaya akan mineral, terutama kalsium dan fosfor. Mineral pada lobster dapat membantu meningkatkan kepadatan mineral tulang, sekaligus mencegah penyakit yang berkenaan dengan tulang, semisal osteoporosis.

  1. Mengurangi peradangan
Kandungan lemak baik serta protein pada lobster ternyata juga dapat menurunkan peradangan pada tubuh kita. Lobster juga kaya akan asam lemak omega-3, yang penting dalam menjaga keseimbangan kolesterol serta juga meningkatkan produksi prostahlandin, yaitu sebuah senyawa yang berfungsi untuk melindungi tubuh. Senyawa tersebut penting pada tubuh karena berperan dalam mengatasi masalah kesehatan kardiovaskular dan peredaran darah.

  1. Menjaga kesehatan sistem saraf
Manfaat lobster bagi kesehatan juga berhubungan dengan otak. Kandungan mineral dan vitamin unik pada lobster, seperti B12 memiliki peran yang terkait dengan menjaga integritas saraf, sekaligus menjaga sistem saraf bekerja dengan baik. Lobster juga sumber kaya kolin, yaitu nutrisi yang dapat larut dalam air, yang befungsi meningkatkan produksi neurotramsitter. Hal tersebut berdampak pada meningkatkanya efisiensi serta fungsi otak, bahkan juga melindungi dari berbagai macam penyakit yang berhubungan dengan saraf, seperti Parkinson dan Alzheimer.

  1. Meningkatkan energi
Lobster juga ternyata dapat menjaga tubuh tetap prima. Hal ini karena kandungan protein yang tinggi pada lobster membuatnya dapat berperan dalam mendorong tubuh tetap dikeadaan energik. Ketika protein tidak banyak digunakan, ia akan disimpan sebagai cadangan energi. Oleh sebab itu, sering kita lihat para atlet selalu menjaga asupan protein mereka.

Setelah melihat manfaat lobster bagi kesehatan di atas, tentunya kita tidak segan lagi menjadikan hewan laut ini sebagai salah satu menu makan kita. Namun begitu, tetap ingat bahwa berlebihan tidaklah baik. Kandungan sodium dan kolesterol pada lobster bila dikonsumsi berlebih tidak baik bagi penderita tekanan darah tinggi dan mereka yang memiliki masalah dengan jantung.

Related Posts

0 comments:

Post a Comment