Akibat Banyak Memakan Buah Semangka

shares

Buah semangka merupakan jenis buah yang terasa menyegarkan karena tinggi akan kandungan air di dalamn buahya. Konsumsi buah semangka ketika udara panas terasa sangat menyenangkan. Selain itu pula, kandungan air di dalam buah semangka ternyata bermanfaat untuk mengeluarkan racun di dalam tubuh manusia. Sementara adanya kandungan vitamin A dan C yang memberikan manfaat positif untuk kesehatan tubuh manusia.

Walaupun begitu, bukan berarti kamu diperbolehkan untuk makan buah semangka dengan kadar yang banyak. Sebab jika kamu suka mengkonsumsi buah semangka secara berlebihan, maka berikut ini adalah efek sampingnya yaitu.

1. Penyebab gastrointestinal

Walaupun dianggap aman, mengkonsumsi lebih dari sekitar 30mg lycopene yang berada dalam buah semangka bisa saja mengakibatkan efek samping kesehatan yaitu gangguan pencernaan. Ada yang melaporkan bahwa kelebihan zat lycopene dapat menyebabkan mual, muntah, diare, dan juga perut kembung.

2. Hiperkalemia
Buah semangka banyak mengandung potasium yang jika kamu konsumsi terlalu banyak dapat menyebabkan hiperkalemia. Hiperkalemia bisa berpotensi mengakibatkan efek kardiovaskular yang berbahaya seperti detak jantung yang tidak teratur, denyut nadi melemah, sampai dengan serangan jantung. Selain itu pula kelebihan potasium juga dapat menyebabkan gangguan ginjal yang serius atau kerusakan organ ginjal manusia.

3. Impotensi

Untuk para pria, terlalu sering makan buah semangka bisa memberikan efek impotensi. Sebabnya adanya kandungan oksida nitrat akan segera merenggangkan pembuluh darah yang kemudian bisa saja membuat ereksi yang membutuhkan waktu lama untuk memulihkannya.

Related Posts

0 comments:

Post a Comment