Manfaat Air Kelapa untuk Kesehatan

shares


Manfaat Air Kelapa untuk Kesehatan


Air kelapa tentunya adalah nama minuman yang sudah tidak asing lagi di telinga kita masyarakat Indonesia. Rasanya yang lezat dan juga menyegarkan menjadikan air kelapa disukai banyak orang, terlebih ketika kehausan dan panas terik siang hari. Namun begitu, tidak banyak orang yang tahu bahwa ada banyak manfaat air kelapa untuk kesehatan. Minuman alami ini sarat akan nutrisi yang berperan dalam banyak masalah kesehatan. Sebagai ilmu bagi Anda, silahkan simak apa saja manfaatnya pada daftar di bawah ini.

  1. Manfaat terhadap diabetes
Menurut penelitian, air kelapa dapat membantu menurunkan tingkat gula dalam darah. Namun penelitian ini baru dilakukan pada hewan yang terkena diabetes. studi tersebut tentunya memerlukan konfirmasi akan efeknya terhadap manusia. Namun, bila melihat dari kandungannya, air kelapa bisa dijadikan salah satu minuman penderita diabetes. Air kelapa juga sumber magnesium yang baik. Sedangkan magnesium diteliti dapat meningkatkan sensitivitas insulin dan juga menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes tipe 2 serta pradiabetes.

  1. Melawan radikal bebas
Radikal bebas merupakan simpul munculnya masalah sel-sel dan juga berbagai macam penyakit. Biasanya radikal bebas dipicu atau diproduksi oleh tubuh sebagai respon cedera maupun stres. Untuk mengatasinya, salah satu cara terbaik adalah dengan menggunakan antioksidan dan di sini air kelapa diteliti merupakan sumber antioksidan yang baik. Meskipun penelitian masih berputar pada hewan, kemungkinan manusia mendapatkan manfaatnya juga ada.

  1. Mendukung kesehatan jantung
Penelitian terhadap hewan akan air kelapa juga menunjukkan bahwa minuman segar ini dapat mengurangi kolesterol, yang berarti membantu mengurangi berbagai macam risiko penyakit jantung. Meskipun penelitian pada hewan menggunakan dosis tinggi, sekitar 2,7 liter air kelapa per hari, namun kemampuan mengurangi kolesterol dengan efektifitas yang setara dengan obat statin mengesankan para peneliti. Jadi, tidak ada salahnya untuk mencoba.

  1. Mengurangi tekanan darah
Manfaat air kelapa untuk kesehatan selanjutnya yaitu untuk menjaga tekanan darah tetap dalam kontrol. Dalam sebuah studi kecil pada manusia yang memiliki tekanan darah tinggi, pemberian air kelapa dapat sebanyak 71 persen memperbaiki tekanan darah sistolik dengan signifikan. Air kelapa sendiri mengandung kalium yang kaya. Kalium diteliti telah terbukti dalam menurunkan tekanan darah, baik mereka yang memiliki tekanan darah normal maupun tinggi.

  1. Menghidrasi tubuh
Khasiat lainnya yang juga bisa Anda rasakan setelah mengonsumsi air kelapa adalah tubuh lebih segar dan berenergi, sekaligus dehidrasi teratasi. Air kelapa memiliki rasa yang sedikit manis dan lembut, juga karbohidrat dan kalori yang cukup rendah. Konsumsinya ketika tubuh lemas bisa membantu menstabilkan kembali kekuatan dan konsentrasi.

Setelah melihat manfaat air kelapa untuk kesehatan di atas, Anda hendaknya tidak perlu takut atau segan untuk mengonsumsi air kelapa ini. Anda bisa membeli air kelapa dalam kemasan ataupun membuatnya sendiri langsung dari buahnya. Untuk produk kemasan, hendaknya melihat komposisi dengan cermat.

Related Posts

0 comments:

Post a Comment