Cara Alami Mengobati Penyakit Rosacea

shares


Cara Alami Mengobati Penyakit Rosacea

Pernahkan Anda mendengar nama rosacea? Ini adalah salah satu jenis penyakit kulit yang bila kita terkena maka dampaknya akan sangat terlihat. Dalam keadaan yang umum, rosacea menyebabkan pipi memerah akibat terjadinya pelebaran pada pembuluh darah di kulit wajah. Pada kasus yang lebih parah, bisa jadi muncul pustula kecil atau semacam benjolan pada permukaan kulit. Selain pada pipi, rosacea bisa menyerang dagu, telinga, dahi, dan area kulit dengan mata. Untuk mengatasinya, Anda tentu hendaknya berkonsultasi dengan dokter kulit. Selain itu, Anda bisa membantu proses penyembuhan dengan menggunakan cara alami mengobati penyakit rosacea pada daftar berikut.

  1. Madu
Madu memiliki sifa anti-inflamasi dan antimikroba, yang bila diterapkan pada kulit yang terkena rosacea dapat membantu mengurangi gejala kemerahannya. Madu juga bisa melembapkan kulit, sehingga kulit terhindar dari kekasaran, jerawat, dan faktor lainnya yang dapat memperburuk keadaan kulit akibat rosacea.

  1. Minyak kelapa
Minyak kelapa juga bisa Anda jadikan cara alami mengobati penyakit rosacea. Dengan kandungan lemak sehatnya, minyak kelapa dapat membantu mengurangi peradangan dari dalam. Hal ini karena meskipun rosacea menyerang kulit, namun inflamasinya kemungkinan dipicu dari pola makan.

  1. Minyak lavender
Selain minyak kelapa, minyak esensial lainnya yang dapat membantu mengobati rosacea adalah minyak lavender. Minyak ini memiliki sifat anti-inflamasi dan antiseptik. Itu berarti, minyak lavender dapat membantu pembuluh darah pada wajah dari dilatasi, sehingga gejala-gejaa rosacea dapat diminimalisir, khususnya warna merah yang muncul pada beberapa bagian kulit.

  1. Ikan salmon
Tidak jauh berbeda dengan minyak kelapa, ikan salmon merupakan sumber ikan berminyak yang bukan saja lezat, namun juga dapat membantu mengatasi kemerahan pada pipi akibat rosacea. Hal ini karena protein baik dari asam lemak omega-3 pada ikan salmon dan ikan laut lainnya, semisal mackerel berbeda dengan jenis protein lainnya.

  1. Kunyit
Cara alami mengobati penyakit rosacea selanjutnya datang dari rempah-rempah berupa kunyit. Sifat anti-inflmasi pada kunyit membuatnya terbukti ampuh dalam mengurangi peradangan, termasuk radang akibat rosacea. Hal ini karena kunyit kaya akan antioksidan. Namun hendaknya kunyit dikonsumsi, tidak dioleskan secara langsung. Karena bila kulit Anda tidak kuat, bisa terjadi iritasi.

  1. Lidah buaya
Percaya atau tidak, lidah buaya juga bisa membantu Anda dalam mengatasi penyakit rosacea. Gel pada lidah buaya dapat membantu mengurangi peradangan pada kulit, termasuk membantu mengurangi rasa tidak nyaman.

  1. Ketimun
Bukan saja lezat dikonsumsi, timun juga bisa dijadikan masker kulit. Salah satu fungsinya juga bisa mengatasi gejala kemerahan akibat rosacea. Hal ini dikarenakan berbagai sifat baik pada mentimun, seperti sifat antiseptik dan anti-inflamasi.

  1. Teh hijau
Cara alami mengobati penyakit rosacea yang terakhir adalah dengan menggunakan teh hijau. Ada beberapa senyawa baik pada teh hijau, seperti katekin dan berbagai senyawa organik lainnya. Senyawa-senyawa tersebut kaya akan sifat anti-inflamasi, phytoprotective, hingga antioksidan, sehingga baik untuk kesehatan kulit. Termasuk juga membantu mengatasi gejala-gejala yang disebabkan oleh rosacea.

Related Posts

0 comments:

Post a Comment