4 Cara Mudah dan Ampuh Mencegah Gagal Ginjal

shares


Cara mencegah gagal ginjal – gagal ginjal adalah salah satu penyakit yang amat ditakui banyak orang. Bukan hanya karena rasa sakit dan tindakan medis yang musti dijalani, tapi juga karena resiko kehilangan ginjal yang mungkin akan terjadi. Oleh karena itu, penyakit ini harus benar – benar dicegah dengan cara yang cepat dan cepat.
Dan, sebagai referensi, berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menurunkan resiko terkena gagal ginjal.
Cara Mencegah Gagal Ginjal yang Mudah
  1. Mulai sekarang kurangi kandungan garam dalam setiap masakan yang sedang dan akan Anda buat
Mengurangi kandungan garam bukan berarti meniadakan garam dalam sebuah masakan, melainkan hanya mengurangi sedikit kandungan garam. Memastikan kandungannya tidak berlebihan. Dan, memastikan kalau kandungan garam dalam masakan tersebut sudah ideal dan sesuai dengan kebutuhan asupan garam dalam tubuh.
Pengurangi kandungan garam ini mungkin akan berpengaruh pada cita rasa masakan. Namun, dengan melakukan ini, harapannya Anda akan lebih terhindar dari bahaya gagal ginjal.
Kandungan natrium dan yodium dalam garam terbukti ampuh untuk menaikkan resiko penyakit hipertensi dan batu ginjal jika digunakan secara berlebihan. Oleh karena itu, cara mudah mencegah gagal ginjal ini menganjurkan kita untuk selalu menggunakan garam dalam kadar yang pas dan ideal dengan kebutuhan tubuh.
  1. Mengonsumsi air minimal 2 – 3 liter per hari dapat menjadi cara alternatif untuk menurunkan resiko batu ginjal
Sifat air yang dapat menetralkan racun dalam ginjal memang sangat bagus untuk mengurangi resiko terkena penyakit batu ginjal.
Selain itu, kandungan mineral yang melimpah dalam air putih juga sangat bagus tubuh. Sebab, selain dapat menambah kesehatan tubuh, kandungan mineral dalam air putih juga sangat baik untuk kesehatan organ di dalamnya, termasuk otak dan ginjal itu sendiri.
Oleh karena itu, kita sangat dianjurkan untuk menerapkan cara terbaik mencegah gagal ginjal ini. Karena selain menyehatkan, cara ini juga sangat mudah untuk dilakukan.
  1. Mengonsumsi makanan sehat juga bisa dijadikan cara terbaik untuk mencegah timbulnya gagal ginjal
Asupan nutrisi yang cukup akan sangat efektif untuk menekan resiko terkena penyakit serius, termasuk gagal ginjal.
Maka dari itu, sangat penting hukumnya untuk mengonsumsi makanan sehat sejak dini. Selain menyehatnya, makanan sehat juga mudah di dapat, bahkan tidak sedikit juga yang dihargai dengan harga yang murah. Itu sebabnya cara ini tergolong mudah dan dapat dilakukan dengan berbagai cara.
Salah satu cara yang paling banyak digunakan ada 2. Pertama; Anda bisa mengonsumsi makanan sehat tersebut secara langsung. Yang kedua; Anda bisa mengonsumsi olahan makanan sehat.
Kedua cara di atas sama baiknya, pun dengan manfaat yang bisa Anda dapat. Jadi, sekarang terserah Anda, mau pilih cara mencegah gagal ginjal yang mana? Lebih suka nomor satu, atau lebih tertarik menggunakan cara nomor 2?
  1. Mengontrol penyakit primer
Perlu dicatat, gagal ginjal tidak hanya terjadi karena kurangnya nutrisi atau gangguan fungsi dari ginjal saja, tapi juga akibat penyakit primer seperti serangan jantung, malaria, sifilis, dan berbagai penyakit lainnya.
Oleh karena itu, untuk mencegah timbulnya gagal ginjal, penting hukumnya untuk mengontrol penyakit primer yang sedang Anda miliki.
Cara mudah mencegah gagal ginjal ini bisa dilakukan dengan melakukan check up atau melakukan konsultasi pada dokter terkait. Dengan cara ini, harapannya resiko terkena gagal ginjal akibat penyakit primer akan lebih terhindarkan.
Nah, itulah beberapa cara mencegah penyakit gagal ginjal. Beberapa cara di atas tergolong mudah dan gampang untuk dijalani. Dengan kata lain, cara – cara di atas sangat cocok untuk semua kalangan, termasuk mereka yang ada di kalangan bawah.

Related Posts

0 comments:

Post a Comment