Bahaya Merokok Bagi Kesehatan

shares


Bahaya Merokok Bagi Kesehatan - Pastinya sering kita temui di jalan atau dimanapun orang yang merokok. Padahal merokok merupakan kegiatan yang sangat berbahaya namun kenapa banyak sekali orang yang gemar merokok. Bahaya merokok sangat buruk untuk kesehatan tubuh namun disamping itu juga dapat berbahaya bagi mereka yang tidak merokok disekelilingnya dan itu dapat disebabkan dari asap rokok. Padahal dalam bungkus rokok pun sudah tertera bahwa rokok itu berbahaya untuk kesehatan baik itu jantung serta dapat menyebabkan kanker. Dengan gambaran tersebut itu menjadi peringatan bagi perokok untuk tidak merokok dan mengetahui apa bahaya yang akan ditimbulkan.
Namun bagi seseorang yang sudah terbiasa untuk merokok pastinya jika tidak melakukan kegiatan tersebut akan ada yang kurang dalam kesehariannya karena mereka bisa dikatakan sudah kecanduan dengan rokok. Untuk itu bagi anda para perokok jangan hanya merasa kenikmatannya saja namun pikirkan dampak buruk atau bahaya yang akan ditimbulkan dari merokok kelak dimasa yang akan datang nanti jangan sampai anda menyesal dikemudian hari.
Akibat dari merokok untuk kesehatan itu sangat tidak baik karena rokok mengandung banyak zat yang berbahaya untuk kesehatan tubuh. Berikut ini ada beberapa kandungan berbahaya dalam rokok :
  • Nikotin, merupakan zat yang bisa membuat orang ketagihan dan juga dapat merusakn jaringan otak. Selain itu nikotin juga dapat menyebabkan pembekuan darah.
  • Tar, merupakan bahan dasar pembuatan aspal. Zat ini bisa menempel pada paru-paru sehingga akan membunuh sel-sel dalam saluran darah.
  • Karbon Monoksida, merupakan zat yang dapat mengikat oksigen dalam tubuh sehingga tubuh akan kekurangan oksigen dan dapat menghalangi transportasi dalam darah.
  • Karsinogen, merupakan zat yang bisa memicu pertumbuhan sel kanker.
  • Iritan, merupakan zat dapat mengotori saluran udara dalam paru-paru sehingga akan menyebabkan orang perokok batuk-batuk.
Di atas merupakan beberapa dari sekian banyak kandungan rokok yang berbahaya bagi kesehatan. Dan masih banyak lagi kandungan berbahaya yang terdapat dalam rokok.
Dampak Negatif Akibat Merokok
Dengan berbagai kandungan berbahaya yang terdapat dalam rokok dapat menyebabkan berbagai gangguan kesehatan tubuh. Berikut ini diantaranya dampak negatif akibat merokok :
  • Kanker Paru-Paru, zat yang terdapat dalam rokok dapat merangsang sel dalam paru-paru tumbuh tidak normal sehingga akan menyebabkan kanker paru-paru.
  • Kanker Payudara, pada saat ini tidak hanya pria saja yang menjadi perokok melainkan banyak juga seorang wanita yang gemar merokok. Padahal merokok itu sangat berbahaya untuk wanita atau siapapun yang dapat menyebabkan kanker payudara.
  • Penyakit Jantung, jantung akan bekerja  dengan cepat dan meningkat tekanan darah apabila terkena asap rokok yang mengandung nikotin terus menerus dan itu dapat menyebabkan perokok mudah terserang penyakit jantung.
Selain dampak negatif yang sudah dijelaskan di atas masih banyak lagi dampak negatif lainnya yang ditimbulkan oleh rokok untuk kesehatan tubuh.
Di atas merupakan penjelasan tentang bahaya rokok bagi kesehatan anda. Dan semoga dengan informasi di atas dapat menjadi pengingat untuk anda dan menghentikan kebiasaan anda merokok. Salam sehat!

Related Posts

0 comments:

Post a Comment